search

google translate

Selasa, 09 Februari 2010

PASUKAN PERANG

Dalam film “Hellboy II: The Golden Army”, terdapat visualisasi dahsyat 4900 prajurit yang tidak dapat dihancurkan. Hal ini dapat kita tiru dengan menggunakan Photoshop, tapi bagaimana jika kita hanya memiliki 1 foto prajurit? Jangan khawatir, Photoshop dapat membantu Anda menciptakan ribuan pasukan buatan. Joko NurjadiPILIH GAMBAR BACKGROUND

1 Mula-mula kita memerlukan tempat yang luas untuk menampung seluruh pasukan, jadi Anda dapat memilih sebuah lapangan luas atau hutan luas (karena pohonnya sudah habis ditebang). Buka gambar background yang Anda tentukan dengan memilih menu File–Open. Sebagai contoh, akan dipilih sebuah gambar padang rumput yang diambil dari wallpaper default Windows XP.

BUAT GARIS

2 Aktifkan Pencil Tool, tentukan ukuran brush sebesar 1 px, tentukan juga forecolor dengan warna putih, dengan kode warna #FFFFFF. Buat sebuah layer baru bernama Layer 1 dengan klik icon “Create a new layer”, lalu dengan meng-gunakan Pencil Tool, buat sebuah garis lurus horizontal pada bagian atas gambar, jangan lupa menekan tombol Shift saat membuat garis agar menghasilkan garis yang lurus. Tekan Ctrl + klik kiri pada layer 1 sehingga garis terseleksi.

DUPLIKASI GARIS

3 Tekan kombinasi tombol Ctrl + Alt + T, lalu tekan tom-bol panah bawah beberapa kali untuk menduplikasikan garis tersebut. Tekan Enter setelah posisi garis sesuai dengan keinginan Anda. Kemudian tekan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Shift + T, maka garis tersebut akan terduplikasi lagi dengan selisih jarak yang sama. Lakukan terus-menerus dan penuhi kanvas kerja dengan duplikasi garis tersebut.

ATUR PERSPEKTIF

4 Pilih menu Edit–Transform–Perspective, atur perspektif dengan cara mengklik sudut atas kiri dan menariknya ke arah bawah, sehingga terbentuk perspektif yang semakin kiri semakin mengecil. Tekan Enter setelah perspektif terbentuk dengan baik. Selanjutnya buka foto seorang prajurit dalam ukuran kecil dengan memilih menu File–Open, sehingga tampil pada kanvas kerja.

CIPTAKAN PRAJURIT

5 Lakukan crop pada gambar prajurit dengan metode yang Anda kuasai, copy paste ke gambar padang rumput, kini kita akan mengaplikasikan teknik duplikasi prajurit yang sama dengan duplikasi garis yang telah kita lakukan sebelumnya: Tekan Ctrl + klik kiri pada layer prajurit, tekan kombinasi Ctrl + Alt + T, lalu geser hasil duplikasi dengan tombol panah. Agar tampak berbaris rapi, geser duplikasi prajurit dengan panduan garis yang telah kita ciptakan, kecilkan sedikit ukuran prajurit untuk menghasilkan efek perspektif, akhiri dengan menekan Enter.

PERBANYAK PASUKAN

6 Tekan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Shift + T untuk memperbanyak prajurit. Anda akan melihat bahwa tidak hanya gambar prajurit yang terduplikasi, tetapi juga ukuran prajurit yang semakin mengecil mengikuti perspektif, perbanyak hingga mencapai membentuk satu baris prajurit yang panjang. Tekan Ctrl + J untuk menduplikasikan layer baris tersebut sehingga terdapat dua baris prajurit, pindahkan layer baris kedua dibawah baris pertama, dan atur perspektif dengan menu Edit–Transform–Perspective.

SENTUHAN AKHIR

7 Dengan cara yang sama, Anda dapat membuat sebanyak mungkin baris prajurit. Bahkan Anda dapat membuat prajurit lain jika memiliki sebuah gambar prajurit yang berbeda. Setelah pasukan Anda siap, garis pembantu yang kali pertama Anda ciptakan tidak diperlukan lagi, Anda dapat menghapus-nya atau membuatnya menjadi tidak terlihat dengan klik icon bergambar mata. Selamat berperang di padang rumput!

sumber: www.pcmedia.co.id

Tidak ada komentar:

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Hihera.com
Computers Blogs
Technology Blogs - BlogCatalog Blog Directory