search

google translate

Sabtu, 06 Maret 2010

Penipuan dengan Iming-iming iPad Incar Facebooker


Jakarta - Kejahatan dunia maya seakan tak ada habisnya mendompleng isu yang tengah populer. Aksi terbaru, popularitas iPad dimanfaatkan penjahat cyber untuk menjebak korbannya via Facebook. Simak akal bulus mereka.

Para pelaku menggunakan halaman Facebook dengan nama account seperti "iPad Researchers Wanted - Get An iPad Early And Keep It"" dan "The Mega iPad Giveaway!".

Cukup menggiurkan memang judulnya, namun awas jangan mudah terjebak. Sebab alih-alih bisa membawa pulang komputer tablet Apple tersebut secara gratis, Anda justru bisa menjadi korban penipuan internet.
Pertama, pelaku akan membujuk Anda untuk menjadi penggemar atau 'Become a Fan', kemudian Anda diminta untuk mengundang teman-teman Anda untuk turut menjadi fan di halaman tersebut. Lantas langkah terakhir adalah Anda diminta mengklik 'Claim' atau 'Apply' guna mendapatkan hadiah yang ditawarkan.

Tetapi yang sesungguhnya terjadi jika Facebooker menuruti permintaan itu adalah ia akan diarahkan ke kuis online yang membutuhkan nomor ponsel Anda. Nah, nomor ponsel yang diserahkan tersebut akan dipakai untuk membebani si korban dengan layanan tarif premium US$ 10 per minggunya.

Dikutip detikINET dari Guardian, Kamis (4/3/2010), pihak Facebook sendiri akhirnya sudah menghapus halaman tersebut atas permintaan konsultan teknologi di perusahaan keamanan Spohos, Graham Cluley.

Hanya saja yang mengkhawatirkan ialah situs-situs serupa masih banyak yang bermunculan dan terus berupaya untuk menjebak korban lainnya yang tidak waspada.

"Tidak semuanya berpura-pura menawarkan iPad, jadi tetap waspadalah pada ancaman yang datang. Jangan mudah memberikan nomor ponselmu pada kuis semacam itu," nasehat Cluley.

Tidak ada komentar:

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Hihera.com
Computers Blogs
Technology Blogs - BlogCatalog Blog Directory