search

google translate

Sabtu, 06 Maret 2010

Pemalsuan Phone Number melalui PhoneSuite (oleh Irzan)

Saya tidak tahu, apakah yang saya temukan ini bug atau bukan. Tapi yang jelas ini merupakan suatu keanehan bagi saya dan handphone saya (C30).
Saat itu, hari jumat tanggal 13 Maret 2009. Saya sedang mengirim pesan (SMS) dengan teman saya. Saat itu saya iseng-iseng menggunakan PhoneSuite.
Kemudian saya mencoba membuat pesan baru menggunakan PhoneSuite tapi tidak menyertakan nomer tujuannya, kemudian saya berpikir untuk menyimpan pesan yang saya buat tadi pada folder inbox handphone saya. Awalnya saya berpikir bahwa itu mustahil, tapi saya tetap mencobanya.

Dan hasil yang saya dapatkan sungguh mengejutkan. Pesan yang saya buat dengan PhoneSuite berhasil disimpan pada inbox handpone saya. Apakah ini aneh ? ya bagi saya, karena hasilnya pada inbox saya tampil pesan dari dengan isi pesan yaitu pesan yang saya ketikkan tadi. Kenapa ?
karena saya belum menyertakan nomer tujuan saat saya ingin mengirim SMS melalui PhoneSuite.

Baiklah, mungkin tadi tidak ada nomer tujuannya, tapi bagaimana bila saya sertakan nomer tujuannya? Itu sudah pasti berhasil. Tapi bagaimana bila yang saya ketik itu
bukan angka, melainkan huruf. Misalnya, AXIS, atau TELKOMSEL, atau INDOSAT (operator seluler di Indonesia)? Ternyata juga berhasil ! Hal ini mungkin dapat dimanfaatkan oleh pelanggan kartu untuk menipu operator.

Misalnya pelanggan mengetik pesan seperti ini (ini hanya contoh):

Pelanggan Yth, kami ingin memberitahukan bahwa anda
telah memenangkan undian hadiah senilai Rp. 20 juta.
Untuk info lebih lanjut hubungi Customer Service kami di 007.

Dan pelanggan tersebut mengisi nomer tujuannya dengan nama salah satu operator di Indonesia. Dan setelah itu pelanggan tersebut juga menyimpan pesannya pada
inbox handphone. Pesan itu akan terlihat seolah-olah dari operator, padahal tidak. Bagi orang awam ataupun operator yang tidak mengerti akan mengira bahwa pesan itu
asli.

Mungkin terlihat asyik dan menyenangkan untuk mengerjai teman-teman kita yang tidak mengerti, dan mereka akan percaya begitu saja. Tapi bagi operator mereka mungkin akan melakukan cross-check pada servernya, untuk membuktikan apakah mereka benar-benar mengirimkan pesan seperti itu pada pelanggan.

Kalau dulu di Indonesia sedang ramai-ramainya penipuan oleh orang lain kepada pelanggan kartu selular, sekarang mungkin pelanggan yang akan menipu operator telepon
selular.

Saya mohon pihak BenQ agar dapat memperbaiki bug pada PhoneSuite ini. Saya mohon maaf apabila ada pihak-pihak yang merasa dirugikan oleh artikel saya ini.

NB: Saya belum memberitahukan bug ini kepada siapapun. Jika dalam waktu 2 minggu tidak ada respon dari pihak BenQ, maka saya akan mempublikasikan artikel saya ini. Terima Kasih


Salam,
Irzan

Note : Karena sudah 2 minggu tidak ada balasan email dari pihak BenQ Indonesia, maka saya menepati janji saya untuk mempublish artikel saya. Saya minta maaf jika artikel ini dirasa kurang bermutu.
sumber: www.jasakom.com

Tidak ada komentar:

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Hihera.com
Computers Blogs
Technology Blogs - BlogCatalog Blog Directory