search

google translate

Kamis, 11 Maret 2010

IBM Ingin Bikin Ponsel Akrab dengan Lansia


Fransiska Ari Wahyu - detikinet
Jakarta - Banyak ponsel yang beredar di pasaran saat ini dijejali dengan beragam fitur. Mungkin bagi sejumlah orang, kehadiran fitur-fitur itu menarik. Namun, bagi kalangan yang sudah berumur, mungkin hal itu justru memusingkan.

Berangkat dari keinginan untuk menghadirkan ponsel yang mudah digunakan, khususnya bagi para lanjut usia ataupun yang memiliki kekurangan fisik, IBM melakukan program penelitian dua tahun untuk mengembangkan software khusus.Dalam penelitian ini, IBM bekerja sama dengan National Institute of Design of India and Tokyo University.

"Produsen ponsel harus mengadaptasi ini jika mereka ingin memikat generasi yang tumbuh dengan perangkat mobile, tapi tidak bisa menggunakannya," ujar Ben Wood, Research Director di British consultancy CCS Insight.

Diharapkan akan terbuka pasar bagi perusahaan-perusahaan kecil macam Emporia, yang juga sudah menelurkan ponsel untuk kaum lansia. Ide vendor Austria ini untuk meluncurkan ponsel bagi kaum lansia bermula ketika ibu dari Chief Executive Albert Fellner selalu memintanya untuk mengajarinya memakai ponsel.

"Ia hampir membuatku gila gara-gara ponsel. Setiap dua minggu aku harus menjelaskan kepadanya bagaimana cara menggunakannya. Aku menyerah. Aku bilang 'aku akan membuat ponsel yang ibu bisa pakai',"tutur Fellner, seperti dikutip detikINET dari Reuters, Kamis (11/3/2010).

Pengalaman ribet dalam menggunakan ponsel juga pernah dialami Fellow Chieko Asakawa, seorang peneliti IBM yang tuna netra. Ia mengaku hanya menggunakan ponselnya untuk menelepon.

sumber: www.detikinet.com

Tidak ada komentar:

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Hihera.com
Computers Blogs
Technology Blogs - BlogCatalog Blog Directory