search

google translate

Sabtu, 06 Maret 2010

Microsoft Indonesia Gandeng Primagama, Siap Cerdaskan Tunas Bangsa

Siapa yang tidak kenal dengan nama Primagama? Lembaga pendidikan terkemuka yang tersebar di 144 Kota/Kabupaten dan 33 propinsi di Indonesia.

Menyambut Ujian Nasional 2010 yang sebentar lagi akan digelar, Primagama melakukan kerjasama dengan Microsoft dalam mengembangkan sarana pembelajaran online uji coba Ujian Nasional 2010 (Try Out). Mulai dari pelajar Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Penasaran? Anda dapat langsung menjajalnya di www.primagama.com.

“Microsoft Indonesia menggandeng Primagama sebagai penyedia konten karena Primagama merupakan lembaga pendidikan yang telah berpengalaman dan tetap konsisten dalam menjaga kualitas layanan akademik,” kata Ananta Gondomono (Academic Program Manager yang menjalankan program Partners in Learning di Microsoft Indonesia).Pembangunan sarana Try Out ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, berdasarkan data diketahui bahwa anak-anak usia sekolah di Indonesia saat ini sudah ‘melek’ teknologi. Oleh sebab itulah, lahir layanan online www.primagamaplus.com yang menyediakan fasilitas-fasilitas yang bertujuan memandu pelajar agar dapat belajar secara mandiri. Sekaligus mempersempit kesenjangan kualitas bahan pembelajaran yang banyak terjadi di pelosok Indonesia. Adapun sarana yang disediakan adalah: Video Tutorial dari para instrktur Primagama dan Video Conference/Instant Messaging (IM) yang akan membantu interaksi siswa dengan para instruktur.

Situs PrimagamaPlus menyediakan custom browser untuk pelajar yang dilengkapi dengan feature-feature menarik. Misalnya yang memudahkan pencarian informasi pendidikan. Nilai total Try Out pun akan ditampilkan melalui IE8 Web Slices sehingga dapat dipantau tanpa membuka halaman web yang lebih dalam.

Media pembelajaran ini terhitung murah dan mudah. Pasalnya para pelajar tidak perlu datang ke tempat tertentu dan mengeluarkan ongkos transportasi, tetapi dapat dilakukan di rumah. Selain itu juga menambah pemahaman siswa akan materi pelajaran.

“Jika pada saat Try Out online ini para siswa diketahui belum lulus, maka masih ada waktu untuk segera meningkatkan pemahaman dan kemampuan mereka. Pada saat pelaksanaan Ujian Nasional sesungguhnya pun para siswa dapat berada dalam posisi pundak dan memiliki peluang untuk mencapai hasil maksimal,” ujar Adam Primaskara, selaku General Manager Primagama.

Manfaat lain dari Try Out online ini adalah para peserta tidak hanya mengetahui total nilai yang telah mereka capai, tapi dapat mengetahui peringkat sesama peserta, baik yang berada dalam satu Kota, Propinsi, dan Nasional. Dengan demikian akan tercipta suasana kompetisi antar sesama pelajar di Indonesia.

Menurut Risman Adnan Mattotorang (Senior Developer Advisor, Microsoft Asia Head Quarter), PrimagamaPlus nantinya juga akan dilengkapi dengan fasilitas Adaptive Smooth Streaming dari Web Server IIS 7.0 dan Silverlight Runtime untuk menampilkan video-video tutorial dari Primagama.

Sementara itu, feature lain yang masih dalam tahap pengembangan di Microsoft Innovation Center Universitas Gajah Mada (MIC-UGM) adalah interface ke situs-situs jejaring sosial seperti Facebook, YouTube dan Twitter serta Games edukasi untuk menarik minat dan perhatian pelajar. Inisiatif Try Out ini adalah awal dari perjalanan panjang untuk menciptakan layanan edukasi online yang relevan dengan kondisi siswa saat ini.

Tidak ada komentar:

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Hihera.com
Computers Blogs
Technology Blogs - BlogCatalog Blog Directory