search

google translate

Sabtu, 04 Desember 2010

PosterGenius

Bikin Poster Jadi Lebih Mudah 
Mau membuat poster yang berdesain ciamik, tapi cepat dan mudah pengerjaannya? PosterGenius siap membantu kita.
Dalam sebuah pameran atau presentasi, kerap terpampang beberapa pernik pelengkap. Spanduk/banner, misalnya. Peranti ini bertujuan lebih sebagai daya pikat bagi penonton atau pengunjung yang hadir. Oleh karena itu, bagian terbesar yang tampak di sini berupa foto/gambar ilustrasi. 
Pernik lainnya adalah poster. Berbeda dengan spanduk, isi poster umumnya lebih didominasi teks. Soalnya, alat ini berguna untuk memaparkan lebih lanjut mengenai hal yang dipresentasikan. Walau begitu, poster juga sebaiknya memiliki desain menarik. Jika tidak, jangankan membaca, melirik saja orang akan malas.
Tidak mudah untuk membuat poster yang baik. Kaya informasi, mudah dimengerti, sekaligus tampil memesona. Jika ingin yang maksimal tapi membutuhkan usaha lebih, silakan gunakan Corel Draw dan Adobe Illustrator. Kalau mau mudah, pakailah PowerPoint. Konsekuensinya, hasil akhir pun seadanya saja.
Nah, sekarang coba tengok PosterGenius. Aplikasi yang satu ini adalah wujud kompromi di antara kedua alternatif tersebut. Mudah digunakan, tapi mampu mengkreasi poster yang cantik. Harga lisensinya US$199 untuk dua PC, setara dengan Adobe Illustrator CS5 dan lebih murah dibandingkan Corel Draw X5.
Untuk pengujian kali ini, kami menginstalasi PosterGenius 1.5 versi trial, sebesar 311 MB. Ukurannya cukup besar, memang. Namun, melihat kontennya setelah di-install, angka itu terasa wajar. Pasalnya, PosterGenius menyimpan lebih dari 100 template poster beresolusi tinggi.
Keberadaan seratusan template inilah yang memudahkan kita. Walhasil, kita tidak perlu dipusingkan dengan urusan desain dan format poster. Kita tinggal mengisi konten berupa teks dan grafis. Bisa foto, gambar, atau grafik berekstensi JPG, GIF, PNG, dan TIF.
Asyiknya, PosterGenius secara otomatis akan menyesuaikan aspek-aspek tipografis seperti ukuran font dan spasi paragraf, mengikuti panjang konten. Poster selalu terlihat bagus secara estetika. Tapi sayangnya, template yang ada tidak bisa dimodifikasi bila kurang sesuai selera atau kebutuhan kita. (Erry FP)
***
Kesimpulan:
PosterGenius merupakan aplikasi yang kompromistis. Ia memadukan keindahan desain seperti Adobe dan Corel dengan kemudahan penggunaan ala PowerPoint. Hasilnya, poster ciamik nan informatif. Contohnya bisa dilihat pada gambar utama artikel ini. Cantik, bukan?
 
Spesifikasi POSTERGENIUS 1.5
Harga Lisensi
US$199 / US$435 / US$790 (2 / 5 / 10 PC), US$49 (pelajar, 1 PC)
Pengembang
SciGen Technologies
Situs Web
Sistem Operasi
Windows XP/Vista/7
 

Lebih dari 100 Template 

Inilah kelebihan utama PosterGenius. Lebih dari seratus template siap untuk dipilih. Temanya pun beragam. Kita dapat memakai desain bernuansa abstrak, alam, medis, teknik, seni, atau sains. Semuanya bercita rasa tinggi serta beresolusi tajam. Dibanding harus mencari dan mengolah gambar terlebih dulu seperti di aplikasi milik Adobe/Corel, template instan milik PosterGenius yang satu ini jelas sangat membantu.

Poster Wizard 
Feature
 ini berguna untuk memandu pembuatan desain poster dalam empat langkah cepat. Pertama, tentukan dimensi poster (maksimal 4 x 2,5 meter). Kedua, isi judul poster dan penulisnya. Lantas, tuliskan pembagian bab dalam poster tersebut. Terakhir, pilih desain poster dari seratusan template yang ada. Sim salabim! Muncullah desain poster yang sudah jadi. Kita tinggal mengisinya dengan teks dan gambar.

Presentasi dan Handout  
Selain spanduk dan poster, pernik lain yang kadang dibutuhkan adalah handout.Handout umumnya dibagikan kepada para pengunjung sebagai pegangan untuk dibaca-baca. Daripada harus repot mengetik lagi, PosterGenius menyediakan featurekonversi dari konten poster menjadi handout dan bahkan berkas presentasi. Isinya sama persis dengan poster. Tinggal simpan ke dalam PDF, lalu cetak deh


Plus
     : Mempermudah dan mempercepat pembuatan poster, menyediakan lebih dari 100template menarik, mudah digunakan, tersedia feature konversi ke berkas presentasi danhandout

Minus
 : Lisensi lumayan mahal, kurang bebas memodifikasi desain, ukuran berkas instalasi cukup besar
Skor Penilaian
Kinerja              : 4,2
- Fasilitas            : 4
- Penggunaan     : 4
- Harga                : 3,5
- Skor Total
         : 3,96

Tidak ada komentar:

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Hihera.com
Computers Blogs
Technology Blogs - BlogCatalog Blog Directory