search

google translate

Selasa, 23 November 2010

Software Utilitas Nopember 2010 - DuckLink 2.3

DuckLink 2.3Memotret sebuah halaman aplikasi atau situs web di layardesktop sudah bukan masalah lagi. Banyak aplikasi screenshotyang menyediakan kemampuan tersebut, baik untuk merekam jendela tertentu, seluruh layar, maupun berdasarkan seleksi yang ditentukan oleh pengguna. Namun, bagaimana jika halaman tersebut memanjang dan melewati wilayah pandang layar monitor, sehingga perlu menggulungnya (scroll)? Misalnya, halaman blog yang memanjang ke bawah atau dokumen PDF multihalaman. 
Jika demikian, tidak perlu sewot gara-gara harus menyambung-nyambung berkas capture tersebut. Sebagai solusinya, kami rekomendasikan aplikasi screenshot bernama DuckLink yang mampu memotret halaman bersambung menjadi satu berkas. Sampai saat artikel ini ditulis, DuckLink masih bersifat freealias gratis. 
DuckLink menata pengaturan konfigurasinya dalam tiga tab Advanced Options. Pada tab General, kita dapat mengikutsertakan kursor dalam hasil pemotretan serta menentukan interval waktu pemotretan antarhalaman. Tab Output File menyajikan pilihan lokasi direktori penyimpan hasil pemotretan halaman serta format berkas gambat (JPEG, BMP, atau PNG). Khusus untuk format JPEG, terdapat tombol geser (slider) pengatur tingkatan kualitas gambar, dari skala 1 sampai 10. Sementara tab System menyajikan pilihan penggunaan kombinasi tombol pintasan keyboard untuk pemotretan berdasarkanRegionWindowScrolling, atau FullScreen.
Sampai dengan rilis terbarunya, DuckLink belum memiliki kemampuan memotret halaman bersambung pada halaman web atau dokumen yang memanjang horizontal seperti panorama. Namun, sejauh ini dukungannya terhadap peramban web cukup luas, yaitu: Firefox, Internet Explorer, Google Chrome, dan Safari. (Vincent Bayu Tapa Brata)
Kesimpulan: DuckLink merupakan solusi pemotretan multihalaman yang cukup andal. Namun, pengembangannya masih tergantung pada pustaka Microsoft Visual C++ 2008 SP1. Jika pustaka ini dapat dialihkan ke C++ milik yayasan GNU yang open source, mungkin dapat leluasa di-porting untuk semua sistem operasi.
Spesifikasi  DuckLink 2.3
Jenis
Freeware
Ukuran berkas instalasi
4,1 MB
Situs web
Sistem operasi
Windows
 
Plus     
: Mudah digunakan
Minus : Membutuhkan Microsoft Visual C++ 2008.

Tidak ada komentar:

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Hihera.com
Computers Blogs
Technology Blogs - BlogCatalog Blog Directory